BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemberlakuan peraturan dan
perundangan-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan otonomi pendidikan
menuntut adanya upaya pembagian kewenangan dalam berbagai bidang pemerintahan.
Hal tersebut membawa implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan termasuk pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Dua hal penting yang
perlu mendapat perhatian, yaitu diversifikasi kurikulum dan standar kompetensi.
Untuk merespon hal tersebut di atas,
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah melakukan penyusunan Standar Isi
(SI), yang kemudian dituangkan kedalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
(Permendiknas) nomor 22 tahun 2006, yang mencakup komponen:
1. Standar Kompetensi (SK), merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir
dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang
diajarkan.
2. Kompetensi Dasar (KD), merupakan penjabaran SK peserta didik yang cakupan
materinya lebih sempit dibanding dengan SK peserta didik.
Mengenai pembahasan selanjutnya akan
diuraikan pada bab dua yaitu bagian pembahasan.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah
yang akan kami bahasa adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah langkah-langkah perumusan
kompetensi dasar ?
2.
Bagaimanakah cara merumuskan indikator?
3.
Bagaimanakah langkah-langkah perumusan materi
pembelajaran?
C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang
telah kami kemukakan diatas maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini
adalah :
1.
Mengetahui langkah-langkah perumusan kompetensi
dasar
2.
Mengetahui cara merumuskan indikator
3.
Mengetahui langkah-langkah perumusan materi pembelajaran
Download selengkapnya : Makalah Langkah-langkah menyusun kompetensi.docx
cara download klik skip pada ujung kanan atas
cara download klik skip pada ujung kanan atas
makasih ya mas, udah berbagi ilmu,semoga barokah
BalasHapus